Nama : Deviana Wijaya
NPM : 11211940
Kelas : 3EA19
Sumber
Daya Konsumen dan Pengetahuan
Sumber Daya Konsumen
Sumber daya ekonomi adalah alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang wujudnya berupa barang atau jasa. Sumber daya ekonomi dibagi menjadi 4 macam, yaitu:
1. Sumber Daya Alam
Merupakan segala sesuatu yang disediakan oleh alam. Contoh: air, tanah
2. Sumber Daya Manusia
Merupakan segala kegiatan manusia baik fisik maupun rohani yang ditunjukkan untuk kegiatan produksi. Contoh: Dokter, Direktu
3. Sumber Daya Kewirausahan
Merupakan semangat, sikap, dan perilaku seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan ekonomi sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Contoh: Usaha roti
4. Sumber Daya Modal
Merupakan sumber daya yang dibuat oleh manusia baik berupa uang maupun barang dan digunakan untuk membantu kegiatan produksi. Contoh: Bahan baku, mixer, dll
Konsumen memiliki 3 sumber daya utama dalam proses pertukaran yang mereka gunakan dan melalui proses ini pemasar memberikan barang dan jasa
Pengetahuan
Pengetahuan konsumen adalah semua
informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk serta
pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan
fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan Konsumen terbagi menjadi
3, yaitu:
1. Pengetahuan Produk
1. Pengetahuan Produk
Merupakan kumbulan berbagai macam
informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi katagori produk, merek,
terminologi produk, atribut atau fitur produk, harga produkdan kepercayaan
mengenai produk.
Jenis Pengetahuan Produk:
a.
Pengetahuan tentang karakteristik atau atribut produk
b.
Pengetahuan tentang manfaat produk
c.
Pengetahuan tentang kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen
2. Pengetahuan Pembelian
Pengetahuan pembelian terdiri atas
pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk
yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Konsumen cenderung lebih senang
mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah
mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut.
Perilaku Membeli:
- Store Contact: Meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
- Product Contact: Konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
- Transaction
Konsumen akan membayar produk
tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.
3. Pengetahuan Pemakaian
Suatu produk akan memberikan manfaat
kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi. Agar
produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yang tinggi,
maka konsumen harus bisa menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut dengan
benar.Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen
mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk
adalah penting bagi konsumen
Referensi:
Sikap,
Motivasi & Pengetahuan Diri
Sikap
Sikap adalah Perilaku yg di miliki oleh seseorang dan tertanam sejak dini,yang mana perilaku tersebut berbeda-beda...!!
Ada yang baek,ada juga yang buruk.
Itu tergantung dari individu masing-masing
secara harfiah jawaban yang lain sih udah bener, tapi buat gw (sendiri) sikap adalah hasil dari pola pikir. pola pikir tersebut terbentuk dengan cara yang sangat kompleks (mungkin ngebahas ini di topik yang lain) dengan pola pikir yang dimiliki, orang tersebut kemudian bereaksi dengan lingkungannya dan menghasilkan sikap.
Sikap adalah Perilaku yg di miliki oleh seseorang dan tertanam sejak dini,yang mana perilaku tersebut berbeda-beda...!!
Ada yang baek,ada juga yang buruk.
Itu tergantung dari individu masing-masing
secara harfiah jawaban yang lain sih udah bener, tapi buat gw (sendiri) sikap adalah hasil dari pola pikir. pola pikir tersebut terbentuk dengan cara yang sangat kompleks (mungkin ngebahas ini di topik yang lain) dengan pola pikir yang dimiliki, orang tersebut kemudian bereaksi dengan lingkungannya dan menghasilkan sikap.
Motivasi adalah suatu sugesti atau dorongan yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau dari diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga bisa diartikan sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang.
Berikut inilah beberapa Pengertian Motivasi:
1. Motivasi adalah kerakteristik psikologis manusia yang memberi kontribusi pada tingkat komitmen pada seseorang.
2. Motivasi adalah proses kesediaan melakukan usaha tingkat tinggi untuk mencapai sasaran tertentu yang bisa memuaskan kebutuhan.
Pengetahuan diri adalah pemahaman
akan proses diri sendiri, proses dari pikiran, ia adalah sadar terhadap semua
seluk-beluk nafsu-keinginan serta pengejaran-pengejarannya.
Dan bersamaan dengan orang memahami diri sendiri kian dalam, kian ekstensif dan sangat mendalam, disana hadir sebentuk kebebasan, sebentuk kemerdekaan dari rintangan-rintangan ketakutan, ketakutan yang membawa-serta kepercayaan-kepercayaan, dogma-dogma, nasionalisme-nasionalisme, kasta dan semua temuan-temuan pikiran yang mengerikan dalam rangka tetap mengisolasi dirinya di dalam ketakutannya itu.
Dan tatkala ada kebebasan, ada pengungkapan akan yang abadi. Tanpa kebebasan itu, semata-mata bertanya apa yang abadi itu, atau membaca buku-buku tentang yang abadi, tak ada artinya sama sekali.
Dan bersamaan dengan orang memahami diri sendiri kian dalam, kian ekstensif dan sangat mendalam, disana hadir sebentuk kebebasan, sebentuk kemerdekaan dari rintangan-rintangan ketakutan, ketakutan yang membawa-serta kepercayaan-kepercayaan, dogma-dogma, nasionalisme-nasionalisme, kasta dan semua temuan-temuan pikiran yang mengerikan dalam rangka tetap mengisolasi dirinya di dalam ketakutannya itu.
Dan tatkala ada kebebasan, ada pengungkapan akan yang abadi. Tanpa kebebasan itu, semata-mata bertanya apa yang abadi itu, atau membaca buku-buku tentang yang abadi, tak ada artinya sama sekali.
Sumber:
http://adesucita.blogspot.com/
Kepribadian,
Nilai dan Gaya Hidup
Kepribadian
Kepribadian
adalah karakteristik psikologis seseorang yang menentukan dan merefleksikan
bagaimana seseorang merespon lingkungannya(Schiffman dan Kanuk,2000).
Berdasarkan definisi ini maka bias disimpulkan bahwa yang ditekankan adalah
karakter-karakter internal termasuk didalamnya berbagai atribut,sifat,tindakan
yang membedakan dengan orang lain. Secara praktis konsep kepribadian dapat
didefinisikan sebagai seperangkat pola perasaan,pemikiran dan perilaku yang
unik yang menjadi standar respon konsumen untuk berbagai situasi.
Pola ini
memiliki beberapa cirri khas yaitu :
1
Mencerminkan perbedaan individu
2
Konsisten
3
Psikologis dan fisiologi
4
Kepribadian dapat berubah
5
Kepribadian berinteraksi dengan situasi
Nilai
Pola yang dapat kita lihat dari nilai adalah perubahan
perilaku dan alas an seseorang dalam membelanjakan uang atau sumberdaya
yang mereka kelola dan mereka miliki. Semakin tinggi mereka menilai dari
suatu barang dan jasa terhadap kehidupan,maka akan makin tinggi pula apresiasi
mereka dalam memandang barang dan jasa tersebut dari segi konsumsi.
Gaya Hidup
Gaya hidup
menurut Plummer (1983) gaya hidup adalah cara hidup
individu yang di identifikasikan oleh bagaimana orangmenghabiskan waktu mereka
(aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam hidupnya(ketertarikan)
dan apa yang mereka pikirkan tentang dunia sekitar.