Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kamis, 15 Januari 2015

Tugas 2 Kelompok Etika Bisnis

PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS “ES OYEN PELANGI”


Kelompok                                           :           2
Kelas                                                   :           4EA19
Mata Kuliah                                        :           Etika Bisnis
Dosen                                                  :           Immi Fiska
Nama   Anggota Kelompok                :           1. DEVIANA WIJAYA (11211940)
2DWY TSALIMAH M.S (18211144)
3. LAELATUL AFIFAH (14211056)
4. MEIDITA PUTRI F (14211394)
5. NURWULANDARI (15211417)
6. PUTRI TRIYA ANDANI (18211363)
7. RACHMI SETYO ASIH (15211716)


A.    Nama dan Bentuk Perusahaan
Bentuk Perusahaan     : Perusahaan Produksi
Bidang Usaha             : Minuman Dingin
Nama Perusahaan        : Es Oyen Pelangi

B.     Alamat Perusahaan
Perumahan Mangun Jaya Jalan Cendana 04 Nomor 11 Bekasi Timur Kota Bekasi

C.    Visi Perusahaan
Menjadi salah satu kedai minuman dingin yang berkualitas,berpengalaman dan mampu bersaing dengan franchise minuman yang lain.

D.    Misi Perusahaan
Membuat kedai minuman dingin yang berkualitas. Dan membuat minuman higienis, memiliki kreasi dan varian rasa yang unik sehingga konsumen tidak merasa bosan.

E.     Tujuan Perusahaan
a)      Menyediakan minuman dengan lebih 100 kedai di Jabodetabek.
b)      Menciptakan brand dan francise.
c)      Gerai minuman dimana paling dicari saat musim panas.
d)     Minuman dengan kreasi dan varian rasa yang unik dan berkualitas, higienis dan halal.
e)      Brand yang sukses dan memberikan konstribusi pada pemilik, pemasok dan masyarakat sekitar.

F.     Latar Belakang Perusahaan
Untuk ikut serta memajukan perekonomian dan usaha kecil menengah di Indonesia, masyarakat saat ini sudah terbilang banyak dan beraneka ragam membuka jenis usaha yang unik dan kreatif.
Kedai minuman minuman adalah usaha yang terbilang cukup populer saat ini. Banyaknya keinginan masyarakat untuk mencoba sesuatu yang baru, celah inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa pengusaha untuk membuat usaha kedai minuman segar.
Bisa diperkirakan usaha kedai minuman segar ini dapat menarik berbagai konsumen mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa dan lansia untuk menikmati minuman segar ini yang mulai diminati oleh seluruh masyarakat sekitar terutama untuk anak-anak dan remaja.
Oleh karena itu banyak pengusaha mendirikan usaha ini untuk memperluas usahanya dengan mendirikan di tempat lain. Sebelum melakukan perluasan usaha pengusaha diharuskan untuk diteliti kelayakan usaha tersebut.

G.    Aspek-Aspek Perusahaan
1.      Aspek Hukum
Berdasarkan diskusi yang kami lakukan usaha ini merupakan usaha Firma (Fa) dan memliki izin kepemilikan yang sah dan ada tanda daftar usaha. Sehingga jika dinilai dari aspek ini, usaha ini dinyatakan layak untuk didirikan.

2.      Aspek Pasar dan Pemasaran
Untuk mengetahui layak atau tidak nya usaha ini, pertama kami akan melakukan kajian aspek pasar dan pemasaran. Berikut rinciannya:
a.       Potensi Pasar
Kedai minuman Es Oyen Pelangi memiliki potensi pasar yang bagus, karena dipasaran saat ini bisa dibilang belum ada minuman yang sejenis, sehingga memungkinkan konsumen untuk mencoba dan untuk mempertahankan konsumen maka pengusaha memberikan varian rasa lain dan mengikuti selera konsumen.
b.      Peluang Pasar
·         Masyarakat menyukai hal-hal baru dan unik termasuk untuk produk minuman
·         Menciptakan dan mengembangkan menu atau produk baru jenis minuman
·         Pengembangan secara terus menerus ke pangsa pasar lain misalnya, anak sekolahan, pekerjakantoran, dan mahasiswa kampus.
·         Pertumbuhan iklan di internet karena penggunaan internet telah meningkat.
·         Kerjasama dengan berbagai pihak
·         Musim tropis Indonesia membuat konsumen menginginkan minuman dingin yang segar
c.       Rencana Penjualan
Untuk awal pembukaan kedai Es Oyen Pelangi” menargetkan 75 porsi perharinya. Kedai dibuka selama 3 bulankami menargetkan kenaikan penjualan 50 porsi perminggu.
d.      RENCANA STRATEGI PEMASARAN
·         Product
Es Oyen Pelangi adalah kedai yang menyediakan minuman dingin dengan varian rasa.
·         Price
Penentuan harga didapat dari metode mark uppricing, yang presentase labanya ditentukan dengan mempertimbangkan market place sesuai dengan daya beli konsumen.
·         Place
Lokasi pendirian kedai untuk pendistribusian kepada pelanggan tersebut berada di lokasi strategis dan mudah akses bagi target pasar yang dituju yaitu segmen remaja dan anak-anak.
·         Promotion
E-commerce, atau melalui jaringan internet dan jejaring sosial, contohnya facebook, twitter, web, blog dan sejenisnya. Selain itu juga bisa menyebarkan brosur ke sekolah atau kampus untuk memperkenalkan produk kami.

3.      Aspek Teknis dan Teknologi
Pada proses produksi kami menggunakan bahan yang berkualitas. Kami ingin menjaga kualitas dan kesegaran bahan-bahan produksi. Untuk menghindari Kecairan Es kami menggunakan lemari pendingin.
·         Peralatan:
1.      Gerobak
2.      Lemari pendingin
3.      Blender juice
4.      Meja
5.      Kursi
6.      Gelas

·         Perlengkapan
1.      Toples
2.      Sendok
3.      Gelas plastik
4.      Sedotan

·         Cara Pengolahan :
1.      Buat adonan hunkwenya. Rebuslah tepung hunkwe bersama dengan air suji, gunakan api yang kecil saja. Aduk-aduk rata hingga adonannya menjadi kental, setelah itu tuangkan saja adonan tadi kedalam loyang (cetakan), tunggu agar dingin dan mengeras. Setelah adonannya mengeras potong-potong sesuai selera.
2.      Buat sirupnya. Rebuslah air, daun pandan, garam dan gula pasir, aduk dan masak saja terus hingga mendidih dan gulanya telah larut sempurna. Setelah masak angkat dan saring air sirupnya.
3.      Ambil gelas saji, lalu masukkan potongan hunkwe ke dalamnya beserta dengan sirupnya. Tambahkan juga semua bahan pelengkap seperti potongan buah nangka, alpukat, tape singkong, tape ketan hitam, es batu, kolang kaling, susu kental manis serta serutan daging buah kelapa muda yang segar.
4.      Sajikan dingin.

·         Penjadualan       
Es Oyen Pelangi” akan buka pukul 10.00- 21.00 WIB

4.      Aspek Manajemen dan Organisasi
·         Sisi Pendekatan Perencanaan
Es Oyen Pelangi”  menggunakan pendekatan kombinasi dalam pembuatan suatu perencanaan yaitu Pendekatan Atas-Bawah (Top-Down) dan Pendekatan Bawah-Atas (Bottom-Up) dengan persentase yang relatif seimbang antara keduanya. Sedangkan perencanaan detailnya diserahkan kepada kreativitas para karyawan dengan tetap mematuhi aturan yang ada, sehingga tercipta hubungan komunikasi yang baik dan feedback yang seimbang antara pemilik dengan para karyawan.
·         Sisi Jangka Waktu dan Tingkatan Manajemen 
Jika dilihat dari waktu yang digunakan untuk pengaplikasian suatu rencana usaha, “Es Oyen Pelangi” menerapkan Perencanaan Jangka pendek dan jangka panjang.
·         Sisi Program Kerja
Es Oyen Pelangi” berusaha melaksanakan aktivitas produksi untuk mencapai target dan omzet yang telah ditentukan sebelumnya

5.      Aspek Lingkungan Industri
Aspek-aspek lingkungan luar perusahaan yang paling dekat adalah aspek lingkungan industri, dimana bisnis perusahaan tersebut berada. Aspek lingkungan industri lebih mengarah pada aspek persaingan dimana perusahaan berada. Akibatnya, faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi persaingan, seperti ancaman pada perusahaan dan kekuatan yang dimiliki perusahaan termasuk kondisi persaingan itu sendiri manjadi perlu untuk dianalisis guna Studi Kelayakan Bisnis.
Faktor-faktor penghambat pendatang baru masuk ke dalam suatu industri (Hambatan Masuk) adalah sebagai berikut :
·         Skala ekonomi
Dalam faktor ini, biasanya pendatang baru kalah dengan pesaing-pesaing lainnya yang lebih dikenal oleh konsumen dan mempunyai tempat yang lebih besar dari pendatang baru. Oleh karena itu, Es OyenPelangi berusaha untuk memperbesar skala produksi dan meningkatkan mutu kualitas.
·         Diferensiasi produk
Dalam diferensiasi produk, pengusaha harus mencari banyak cara untuk menarik pelanggan atau konsumen. Salah satu cara yang diterapkan oleh Es Oyen Pelangi adalah dengan strategi kualitas dan mutu serta inovasi yang unggul. Selain itu Es Oyen Pelangi juga berorientasi pada kepuasan pelanggan.

6.      ASPEK KEUANGAN
1)      Perkiraan Masa Pakai
·         Gerobak                : 3tahun
·         Blender                 : 1tahun
·         Meja kursi             : 1tahun
·         Gelas, Toples         : 1tahun
·         Perlengkapan lain  : 1bulan

2)      Biaya Investasi
·         Gaji Karyawan (2 karyawan x Rp.1000.000)       : Rp  2.000.000
·         Gerobak                                                                :Rp  1.500.000
·         Blender                                                                 : Rp  1.200.000
·         Meja kursi                                                            : Rp     450.000
·         Gelas, Toples                                                        : Rp     550.000
·         Perlengkapan lain                                                 : Rp     225.000
Total investasi                                                            : Rp 6.425.000

3)      Pemasukan
Penjualan Es Oyen Pelangi : 75 porsi x Rp10.000 x 30 hari = Rp 22.500.000

4)      Pengeluaran
9  BiayaTetap
·         Gaji Karyawan (2 karyawan xRp.1000.000)             : Rp 2.000.000
·         Penyusutan Gerobak (1/36 x Rp 1.500.000)               : Rp.     25.000
·         Penyusutan Blender (1/12 x Rp 1.200.000)                : Rp    100.000
·         Penyusutan Meja kursi (1/12 x Rp 450.000)               : Rp      37.500
·         Penyusutan Gelas, Toples (1/12 x Rp 550.000)          : Rp      45.800
·         Penyusutan perlengkapan lain ( 1/1 x Rp 225.000)    : Rp    225.000
Total Biaya Tetap                                                          : Rp 2.433.300

9  BiayaVariabel
·         Sirup                                        : Rp 100.000 x30kali  = Rp   3.000.000
·         Es batu                                                : Rp30.000 x 30kali    = Rp      900.000
·         Nangka                                    : Rp 50.000 x30kali    = Rp   1.500.000
·         Alpukat                                   : Rp 30.000 x30kali    = Rp      900.000
·         Gula pasir (4kg)                      : Rp 48.000 x30kali    = Rp   1.440.000
·         Tape Singkong                        : Rp 20.000 x30kali    = Rp      600.000
·         Tape Ketan hitam (1kg)          : Rp 30.000 x30kali    = Rp      900.000
·         Susu (5 kaleng)                       : Rp 42.000 x30kali    = Rp   1.260.000
·         Kolang kaling                          : Rp 25.000 x30kali    = Rp      750.000
·         Kelapa muda (5 kelapa)          : Rp 50.000 x30kali    = Rp   1.500.000
·         Sewa Tempat                          : Rp 30.000 x30kali    = Rp      900.000
·         Listrik dan air                          : Rp 10.000 x30kali    = Rp      300.000
·         Lain-lain                                  : Rp 10.000 x30kali    = Rp      300.000
Total biaya variabel                                                       = Rp 14.250.000

Total Biaya Operasional = Rp 2.433.300 +14.250.000 = Rp 16.683.300
Keuntungan = Pemasukan - (Biaya tetap + Biayavariabel)
                       = Rp 22.500.000- Rp 16.683.300
                       = Rp 5.816.700

5)      Revenue Cost Ratio (R/C)
R/C = Total penerimaan : total biaya operasional
R/C = Rp 22.500.000 : Rp. 16.683.300 = 1,34

6)      Pay Back Period
PP = (total investasi : keuntungan) x 1 bulan
PP = (Rp. 6.425.000 : Rp. 5.816.700) x 1 bulan = 1,1 bulan
            0.1 x 30 hari = 3 hari
Payback Periode kedai Es Oyen Pelangi yaitu 1 bulan 3 hari.

Kesimpulan:
Jenis usaha yang akan didirikan adalah menciptakan dan menjual produk berupa Es Oyen Pelangi, yang mana masyarakat sekarang seakan haus akan inovasi sebuah produk, maka usaha Es Oyen Pelangi ini menjadi peluang usaha inovasi yang bersasaran pasar cukup jelas.
Dengan beberapa bauran promosi dan meneliti pesaing yang menciptakan produk yang sama, jaringan yang luas serta didukung dengan produk yang mempunyai kepuasan dan cirri khas, maka dipastikan usaha ini layak dan akan jelas kelangsungan hidup usahanya. Keuntungan yang tidak mengecewakan bagi usaha kecil seperti ini akan member jaminan bagi kelangsungan usaha dan tenaga kerja.

Dengan perkiraan keuntungan diatas maka dapat dipastikan juga perluasan usaha ini akan mudah terealisasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog List

Powered By Blogger

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "