Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Rabu, 20 Oktober 2010

CARA MEMBUAT FILE BERFORMAT ZIP DAN RAR


Di akhir minggu yang cerah ini kembali saya mencoba sharing kepada sobat blogger sedikit yang aku ketahui tentang komputer tepatnya CARA MEMBUAT FILE BERFORMAT ZIP DAN RAR.

Buat sobat yang suka menjelajahi dunia internet pasti dah sering lihat file ZIP atau RAR, apalagi buat sobat yang sering download di internet kebanyakan file tersebut berupa ZIP atau RAR.

File yang bergambar sebuah lemari (ZIP) dan tumpukan buku (RAR) ini adalah sebuah file compress di mana sobat bisa memasukan banyak file menjadi satu file yaitu berupa ZIP dan RAR, format file ini juga bisa di beri password, jadi untuk mengextract file tersebut nanti akan di mintai sebuah password yang tadi sobat masukin sewaktu membuat file ZIP dan RAR tersebut biar lebih aman.



Oke langsung saja kita praktek untuk membuatnya.
Langkah pertama sobat harus siapkan beberapa file atau folder yang natinya mau sobat ubah menjadi ZIP atau RAR tersebut.

Langkah selanjutnya "klik kanan" pada file atau folder yang sudah sobat siapkan tadi terus pilih
"Add To Archive" Untuk lebih jelas lihat pada gambar di bawah ini.




Setelah sobat klik Add To Archive akan keluar tampilan sebagai berikut :


Kali ini kita akan membuat file berformat RAR tapi kalo sobat mau formatnya ZIP tinggal pilih saja pada kolom yang di lingkari warna merah.
Setelah itu sobat tentukan nama di kolom "Archive name" yang nantinya akan di pakai untuk file yang sudah jadi, sebagai contoh saya kasih nama prakasasion.tk.
Terakhir tekan OK

Terus gimana caranya biar ada passwordnya????

Kalo sobat mau membikin file ZIP atau RAR yang berpassword sebelum sobat klik OK sobat masuk dulu ke tab "Advanced" seperti pada gambar di atas yang di lingkari warna biru, setelah itu akan keluar tampilan seperti gambar di bawah ini :

Pilih "Set password" pada gambar yang di lingkari warna merah,setelah itu akan keluar tampilan seperti di bawah ini :


Sobat tinggal masukin aja password yang di inginkan di kolom pertama, terus masukan ulang password yang sama di kolom kedua, klik OK terakhir klik OK lagi pada tampilan awal.
Selesai deh, Gampang banget kan......????

Kalo mau membuka isinya ya tinggal klik kanan pada file tadi pilih "Extract file" masukan password, nantinya akan keluar sebuah folder yang berisi file-file yang ada di dalam RAR tersebut.

Oke,, Segitu dulu yah sob buat postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa langsung di praktekin oleh sobat pembaca sekalian......
Tetep terus baca artikel-artikel dari prakasasion.tk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog List

Powered By Blogger

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "